Sabtu, 25 Mei 2013

Macam-Macam Kabel Jaringan

Macam-Macam Kabel Jaringan. Dalam jaringan komputer tak lepasnya dengan kabel untuk pengkabelan, dengan media kabel ini memungkinkan komputer dalam suatu jaringan bisa terhubung dengan komputer yang lainya sehingga memungkin terciptanya sebuah jaringan komputer. Kabel yang di gunakanpun tidaj hanya 1 macam kabek saja tetapi bermacam-macam jenis kabel. Ada 4 jenis kabel yang sering digunakan dalam jaringan, sebagai berikut :

Macam-macam Kabel Jaringan


Kabel Koaksial
Merupakan kabel jaringan yang dilapisi dengan 2 tingkat isolasi. Pada isolasi yang pertama terdapat seraut konduktor yang berfungsi sebagai konduktor untuk mengurangi pengaruh elektromagnetik,isolasi yang kedua terdapat plastic yang berfungsi sebagai pelindung untuk menghindari goresan dari kabel.
Ada dua jenis tipe kabel koaksial yaitu :
  • Kabel koaksial thin (RG-58) disebut juga dengan 10Base2 (thinnet) . dimana angka 2 menunjuk pada panjang maksimum untuk segment kabel tersebut adalah 200 meter, namun kenyataannya hanya samapai 185 meter.
  • Kabel koaksial thick (RG-8) disebut juga dengan10Base5 (thicket), dengan spaseifikasi teknis 
Karakteristik kabel koaksial :
  • Kecepatan dan keluaran 10 - 100 MBps
  • Biaya Rata-rata per node murah
  • Media dan ukuran konektor medium
  • Panjang kabel maksimal yang di izinkan yaitu 500 meter (medium)
  • Panjang kabel maksimal yang di izinkan yaitu 500 meter (medium)Jaringan dengan menggunakan kabel koaksial merupakan jaringan dengan biaya rendah, tetapi jangkauannya sangat terbatas dan keandalannya juga sangat terbatas. Kabel koaksial pada umumnya digunakan pada topologi bus dan ring. 
Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP)
Merupakan sepasang kabel yang di twist/dililit satu sama lain dengan tujuan untuk mengurangi interferensi listrik yang dapat terdiri dari dua, empat atau lebih pasangan kabel (umumnya yang dipakai dalam jaringan komputer terdiri dari 4 pasang kabel/8 kabel). UTP dapat mempunyai transfer rate 10 Mbps sampai dengan 100 Mbps tetapi mempunyai jarak yang pendek yaitu maximum 100m.

Kabel Shielded Twisted Pair (STP)
Secara fisik, kabel shielded sama dengan unshielded tetapi perbedaannya sangat besar. Dimulai dari konstruksi kabel shielded mempunyai selubung tembaga atau aluminium foil yang khusus dirancang untuk mengurangi gangguan elektrik. Kekurangan STP adalah tidak samanya standar antar perusahaan yang memproduksinya dan lebih mahal dan lebih tebal sehingga lebih susah dalam penanganan fisiknya.

Kabel Serat Optik (Fiber Optik)
Jenis kabel fiber optic merupakan kabel jaringan yang jarang digunakan pada instalasi jaringan tingkat menengah ke atas. Pada umumnya, kabel jenis ini digunakan pada instalasi jaringan yang besar dan pada perusahaan multinasional serta digunakan untuk antar lantai atau antar gedung. Kabel fiber optic merupakan media networking medium yang digunakan untuk transmisi-transmisi modulasi. Fiber Optic harganya lebih mahal di bandingkan media lain.

Karakteristik Fiber Optik :
  • Kecepatan dan keluaran 100+ Mbps
  • Biaya rata-rata pernode cukup mahal
  • Media dan ukuran konektor keci
  • Panjang kabel maksimal yang diizinkan yaitu 2 km
sumber informasi :http://ronimedia.blogspot.com/2013/03/macam-macam-kabel-jaringan.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar